Nama    : Nur Alfi Syahri
Nim       : 11410100091
Dosen   : Ibu Sri Suhandiah


Audit SDM
Merupakan suatu proses sistematik dan formal yang didesain untuk:
– mengukur biaya dan manfaat keseluruhan program manajemen SDM
– membandingkan efisiensi dan efektivitas keseluruhan program manajemen SDM dengan kinerja organisasi di masa lalu, kinerja organisasi lain yang dapat dibandingkan efektivitasnya, dan tujuan organisasi

Tujuan Audit SDM
• Membantu memberikan kontribusi yang signifikan terhadap tujuan
tujuan organisasi dan penciptaan nilai departemen SDM.
• Mendapatkan umpan balik, baik dari karyawan maupun manajer yang berkaitan dengan tugas
tugas dan pengelolaan SDM
• Membantu Manajer SDM dalam membuat keputusan

Manfaat Audit SDM
• Mengevaluasi keefektifan berbagai fungsi SDM – rekrutmen dan seleksi, kompensasi, pelatihan,
penilaian kinerja, dsb;
• Menganalisis kontribusi fungsi SDM pada operasi bisnis perusahaan;
• Melakukan benchmarking kegiatan SDM untuk mendorong perbaikan terus menerus;
• Mengidentifikasi berbagai masalah strategik dan administratif implementasi fungsi SDM;
• Menganalisis kepuasan para pengguna pelayanan departemen SDM;
• Mengevaluasi ketaatan terhadap berbagai peraturan perundangundangan, kebijakan dan regulasi pemerintah;
• Meningkatkan keterlibatan fungsi lini dalam implementasi fungsi SDM
• Mengukur dan menganalisis biaya dan manfaat setiap program dan kegiatan SDM;
• Memperbaiki kualitas staf SDM;
• Memfokuskan staf SDM pada berbagai isu penting;
• Mendorong keseragaman kebijakan
kebijakan dan praktikpraktik personalia

Lingkup Audit SDM
1. Audit Strategi Korpororasi/Kompatibilitas
2. Audit Fungsi SDM
3. Audit Kepuasan Karyawan
4. Audit Ketaatan/Kepatuhan Manajerial

1. Audit Strategi Korporasi
• Menilai keterkaitan dan konsistensi kebijakan dan prosedur SDM dengan tujuan dan strategi
perusahaan;
• Mempelajari rencana bisnis jangka panjang, dan melakukan peninjauan lingkungan secara sistematis guna mengungkap tren
tren yang berubah

2. Audit Fungsi SDM
• Merupakan penilaian atas berbagai fungsi yang dijalankan departemen SDM.
• Terdiri atas:

A. Audit Sistem Informasi Sumber Daya Manusia

Informasi Analisis Jabatan
  • Standard jabatan
  • Deskripsi jabatan
  • Spesifikasi jabatan
Rencana SDM
  • Estimasi permintaan dan penawaran
  • Inventori keahlian
  • Bagan dan ringkasan penggantian
Administrasi Kompensasi
  • Tingkat gaji, upah, dan insentif
  • Paket kompensasi tambahan
  • Layanan perusahaan bagi karyawan
B. Audit Penyediaan dan Pengembangan SDM
Rekrutmen
  • Sumber rekrutmen
  • Jumlah/Ketersediaan calon karyawan
  • Keefektifan Biaya
Seleksi
  • Rasio seleksi
  • Prosedur seleksi
  • Praktek Seleksi
  • Kesetaraan kesempatan
Pelatihan dan Orientasi
  • Program orientasi
  • Tujuan dan prosedur pelatihan
  • Teknik dan Metode Pelatihan
Pengembangan Karir
  • Kebijakan dan praktik promosi, demosi, dan transfer
  • Keberhasilan penempatan internal
  • Program perencanaan karir
  • Program pengembangan SDM
C. Audit Kontrol dan Evaluasi Organisasi

Penilaian Kinerja
  • Standard dan ukuran kinerja
  • Metode dan Teknik penilaian kinerja
  • Penggunaan hasil penilaian
Hubungan KaryawanManajemen
  • Kepatuhan peraturan (hak dan kewajiban)
  • Hakhak manajemen
  • Penyelesaian perselisihan
Pengendalian SDM
  • Komunikasi karyawan
  • Prosedur kedisiplinan
  • Prosedur perubahan dan pengembangan
Audit MSDM pada Manajer Lini
  • Praktik SDM
  • Kepatuhan terhadap kebijakan dan prosedur MSDM
3. Audit Kepuasan Karyawan
• Kinerja departemen SDM dinilai efektif jika mampu mencapai tujuan perusahaan dan sekaligus juga memenuhi kebutuhan para karyawan.
• Jika kebutuhan karyawan tidak terpenuhi, maka cenderung akan timbul turnover, kemangkiran, dan aktivitas serikat pekerja.
• Moral dan kepuasan karyawan adalah prekondisi atau prasyarat bagi peningkatan produktivitas,
keresponsifan, kualitas, dan pelayanan pelanggan.
• Kepuasan karyawan dapat diukur dengan survei kepuasan (satisfactory survey) yang dilakukan secara periodik.

4. Audit Ketaatan Manajerial
• Ketaatan Internal
– Menilai dan mengukur berbagai kegiatan MSDM para manajer lini. Apakah sesuai dengan berbagai kebijakan, prosedur, dan aturan yang berlaku?
• Ketaatan Eksternal
– Mengantisipasi berbagai regulasi dan informasi yang akan diterapkan oleh pemerintah
– Menetapkan program dan prosedur untuk menjamin pemenuhan regulasi pemerintah

Comments (0)