Tugas_PTI01_Nur Alfi Syahri_STO211
 NIM : 11410100091

Kasus Laptop Dell :
Kasus overheat baterai dan meledaknya laptop keluaran pabrikan Dell Inc. kembali muncul, kali ini kejadian tersebut terjadi di Amerika Serikat. Hendrik, seorang pekerja di Illinois, melaporkan meledaknya laptop itu terjadi di ruang teknisi kantornya. Setelah mendengar ledakan dan mencium bau terbakar, Hendrik langsung menuju ke ruang teknisi dan menemukan sebuah laptop yang sedang mengeluarkan api. “Saya menemukan laptop merek Dell milik seseorang di ruangan teknisi yang meledak dan mulai mengobarkan api disekitarnya”. Hendrik juga melaporkan bahwa ledakan kali ini sungguh dahsyat hingga mampu membuat lubang pada badan laptop yang terbakar itu, “ledakan baterai tersebut membuatnya terbakar dan langsung menuju ke badan laptop, kemudian membentuk lubang” tutur Hendrik. Sebelumnya kasus meledaknya laptop Dell juga terjadi di ruang konferensi Jepang, pada bulan Juni 2006 yang lalu.

Kasus Overheat yang menjadi sebuah ledakan ini dikabarkan sudah timbul sejak tahun 2003. Pihak Dell sempat menyelidiki kasus Overheat ini, namun hingga kini belum ada penjelasan lebih rinci dari pihak Dell mengenai kasus tersebut. Pihak Dell mengatakan akan menarik sekitar 4,1 juta baterai hasil produksinya. Hal ini terkait dengan kasus overheat dan meledaknya laptop Dell yang akhir – akhir ini sering terjadi, kejadian - kejadian tersebut membuat pemilik laptop / notebook merek Dell ketakutan akan terjadi hal yang sama ( meledak ). Menurut pengakuan pihak Dell, baterai yang telah ditarik adalah baterai yang dibuat oleh Sony Energy Devices, baterai tersebut termasuk baterai yang digunakan di laptop Latitude, Inspiron dan XPS. Pihak Dell menambahkan bahwa penarikan baterai bermasalah tersebut dilakukan dengan sukarela demi menghindari hal – hal yang tidak diinginkan, karena diduga baterai tersebut adalah penyebab overheat yang dapat mengeluarkan api.

Menurut pihak Dell, penarikan tersebut adalah yang terbesar sejak 22 tahun Dell mulai berkiprah di dunia komputer. Penarikan tersebut melibatkan 18% dari 22 juta laptop Dell yang dijual antara 1 April 2004 dan 18 Juli 2006. Penarikan tersebut dilakukan untuk menyegarkan kembali “image” Dell. Mengenai kasus ini, perwakilan dari Sony Energy Device Corp. Selaku pembuat baterai tersebut, masih belum bisa ditemui untuk dimintai keterangan. Dell juga pernah menarik beberapa baterainya pada tahun 2000, 2001, dan 2004, bahkan Desember 2005 lalu, Dell juga telah menarik 22.000 unit baterainya dari pasaran

BAHASAN MICHAEL DELL

Point Pertama
Pada tahun 1983, pada saat Michael Dell masih berusia 18 tahun dan dengan uang sebesar US $1.000, Michael Dell menyadari dia memiliki ambisi dalam hidupnya
dan mulai menjual upgrade PC dan add-on komponen dari kamar di asramanya di
University of Texas, Austin. Di kamar inilah secara resmi menjadi Korporasi Komputer Dell pada Mei 1984. Dengan pesatnya pertumbuhan perusahaan, Dell go public pada bulan Juni 1988.
Perusahaan ini didirikan dengan konsep sederhana: bahwa dengan menjual secara langsung komputer pribadi ke pelanggan, kita dapat lebih mudah mengetahui kebutuhan pelanggan dan dapat memberikan solusi komputasi yang paling efektif untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Dell menjual secara langsung kepada pelanggan, berhadapan langsung dengan pemasok dan dikomunikasikan secara langsung dengan karyawan, semua dilakukan tanpa perantara. Kepada pelanggan, baik konsumen biasa atau korporasi multinasional, Dell merupakan satu titik kontak dan akuntabilitas mereka.
Berhubungan langsung dengan pelanggan berarti bahwa Dell tahu persis apa yang diinginkan pelanggan.
Sepuluh tahun, Dell menduduki peringkat nomor dua dan yang paling cepat berkembang di antara semua perusahaan-perusahaan sistem komputer utama di seluruh dunia dengan lebih dari 26.000 karyawan di seluruh dunia.
Dell telah menerapkan suatu strategi ekspansi yang melibatkan penyeleksian negara atau teritori dimana akan dilakukan pengenalan direct model. Strategi yang sama diterapkan pada tiap Negara.
Kesuksesan Dell terletak pada bisnis langsung ke konsumen yang merupakan model revolusioner pada industry PC pertama di AS dan kemudian di lebih dari 170 negara di seluruh dunia. Perusahaan telah menetapkan standar biaya dan kinerja di seluruh dunia,


Point Kedua
Michael Dell mulai memperhatikan masa depan perusahaanya. Jika perusahaanya tidak berkembang atau tidak melakukan ekspansi maka perusaahaannya akan rentan terhadap konsolidasi yang sering terjadi dalam industri PC. Pada musim gugur 1986, Michael mengadakan pertemuan dengan para eksekutif perusahaan untuk membicarakan perihal ekspansi global perusahaan mereka.
Pada bulan Juni 1987, Dell ventured dari Amerika Serikat untuk pertama kalinya memulai bisnis di Inggris. Lebih dari 11 operasi internasional dibuka pada periode 1987-1991. Pada 1994, Dell memiliki anak perusahaan Internasional di 14 negara yang menjual dan mendukung produk lebih dari 100 pasar tambahan melalui kesepakatan bermitra dengan distributor teknologi. Pada tahun 1995, konstruksi dimulai pada Pusat Pelanggan Asia Pasifik (APCC) di Penang, Malaysia. Pada tengah tahun pertama tahun 1995, Dell membuka kantor di enam negara di wilayah Asia Pasifik ini. Malaysia menjadi penghubung jaringan pemasaran dan penjualan di Asia Pasifik yang meliputi Australia, China, Hong Kong, India, Indonesia, Korea, Malaysia, Selandia Baru Filipina, Singapura, Taiwan dan Thailand. Pada tahun 1998, manufaktur Xiamen dan pusat layanan (Pusat Pelanggan Cina) dibuka. Kantor pusat regional Dell Asia Pasifik terdapat di Hong Kong. Pada tahun 1998, kantor-kantor penjualan Dell dioperasikan di 33 negara dan melayani pelanggan di lebih dari 170 negara dan teritori di seluruh dunia.
Bisnis Dell telah berkembang dari US $ 6,2 juta ke US $ 21,7 miliar pada tahun 1985. Pada tahun 1999 Dell berada di peringkat kedua baik di Amerika Serikat dan di seluruh dunia pasar PC. Lalu pada tahun 1996, Dell kembali mengoyang industri PC dengan cara membuat pendekatan langsung bahkan langsung melalui Internet. Dell On-line nampaknya merupakan kemajuan alami untuk Dell. Pada kuartal pertama tahun 1997,
Pada bulan April 1997, Dell membentuk perusahaan leasing Joint venture bernama Dell Financial, menyediakan layanan dengan berbagai pilihan leasing fleksibel langsung ke pelanggan Dell di AS dan akhirnya di seluruh dunia.
Pada Desember 1997, Dell telah mengambil posisi IBM dengan menjadi pemasok terbesar kedua computer desktop di seluruh dunia. Dell kembali memimpin industri dalam pertumbuhan unit pengiriman, penerimaan dan penghasilan.
Dell menghasilkan produk yang digunakan oleh berbagai negara di dunia. Secara otomatis setiap perubahan dalam perusahaan tersebut akan mempengaruhi pihak pengguna dalam hal ini penggunanya sudah berskala global.
Point Ketiga
Pada tahun 1996, mengoyang industri PC dengan cara membuat pendekatan langsung bahkan langsung melalui Internet.. Hingga akhir 2000, Dell diantisipasi bahwa setengah dari total bisnis (penjualan, layanan dan dukungan) akan dilakukan secara on-line. Internet memiliki potensi untuk mengubah wajah industri PC. Dell bertujuan untuk menganggap sebuah posisi kepemimpinan dalam Internet commerce, Internet mendefinisikan model bisnis sebagai perpanjangan dari direct model.
Melalui www.dell.com, Dell mampu meningkatkan performansinya secara drastic, karena seluruh pelanggan yang ada di seluruh dunia bisa melakukan pembelian produk dan jasa dimanapun mereka berada.


Comments (0)