Seminar Dunia Pekerjaan
 Oleh : Bapak Heri
“ A Person Who Never made a mistake never tried anything new “ oleh Albert Einstein. Salah adalah momok bagi setiap orang untuk mencoba sesuatu, karena salah dapat membuat mereka takut atau trauma untuk melakukan sesuatu. Tetapi sesungguhnya salah adalah awal dari keberhasilan, bagai obat yang pahit di mulut tapi dapat menyembuhkan penyakit. Walau gagal berkali – kali janganlah menyerah teruslah berusaha.

“ Your work is going to fill a large part of your life and the only way to be truly satisfied is to do what you believe is great work. And the only way to do great work is to love what you do. If you haven`t found it yet, keep looking. Don`t settle. As with all matters of the heart, you`ll know when you find it and like any great relationship, it just gets better and better as years roll on. So Keep looking until you find find it. Don`t settle “ oleh Steve Jobs. Pekerjaanmu / hasil kerjamu adalah penyangga dalam hidupmu, pekerjaan yang akan menghasilkan sesuatu yang hebat adalah pekerjaan yang kau cintai. Apabila kau belum menemukan pekerjaan yang kau sukai teruslah mencari, jangan berhenti / putus asa. Atau cintailah pekerjaanmu sekarang, karena cinta akan tumbuh sepanjang hari dan menghasilkan emas.


“ Fows and simplicity, simple can be harder than complex : You have to work hard to get your thinking clean to make it simple. But it`s worth it in the end because once you get there, you can move even mountain” oleh Steve Jobs. Kerja keras bukan berarti harus rumit, semakin rumit kerjamu maka akan menyulitkanmu untuk meraih hasil yang bagus. Maka, bekerjalah dengan simpel, semakin simpel semakin bagus. Tetapi simpel bukan berarti asal – asalan, asal perkerjaan selesai beres, hal itu salah. Sesungguhnya “simpel” membutuhkan kerja keras untuk mencapainya.

“Technology is just a tool. In terms of getting the kids working together and motivating them, the teacher is most important” oleh Bill Gates. Apa yang dibutuhkan untuk sukses? Teknologi canggih? Peralatan kerja komplit? Tetapi kunci utama dalam sebuah dunia kerja adalah kerja sama. Teknologi hanya alat agar membuat anak – anak termotivasi dalam pelajaran, sesungguhnya “teman” adalah kunci menuju sukses dan dapat menjadi guru yang baik.


Seminar Developing Good Communication Skills
Oleh : Ibu Sri Hariani Eko Wulandari
52 % Remaja putus pacaran karena masalah komunikasi :
1.       Long distance relationship
2.       Kesibukan belajar sehingga jarang bertemu
3.       Susah menyampaikan apa yang dimaksud
4.       Miskomunikasi
5.       Ditinggal pacar karena mencari pasangan lain yang lebih bisa diajak bicara

10 Common Traits of The Best Business Leaders :
1.       Passion
2.       Intelligence and Clarity of Thinking
3.       Great communication skills
4.       High Energy Level
5.       Egos in Check
6.       Inner Peace
7.       Capitalizing of Formative Early Life Experiences
8.       Strong Family Lifes
9.       Positive Attitude
10.   Focus on “ Doing the Right Thing Right “

Komunikasi adalah :
v  Bagian penting dari mempengaruhi orang lain untuk memperoleh apa yang kita inginkan
v  Dari semua pengetahuan & keterampilan yang anda miliki, pengetahuan & keterampilan komunikasi termasuk di antara yang paling penting & berguna. Karena ruang lingkup komunikasi meliputi komunikasi dengan diri sendiri, dengan orang lain, komunikasi kelompok & komunikasi yang lain ( J.A. Devito, 1997 )
v  Kemampuan berkomunikasi menunjukkan kemampuan mengrimkan pesan dengan jelas, manusiawi dan efisien dan menerima pesan – pesan secara akurat ( D. B. Curtiss, 1992 )

Komponen dalam Komunikasi :
v  Ide / gagasan
v  Komunikator
v  Penerima
v  Pesan yang jelas
v  Media yang tepat
v  Strategi yang sesuai
v  Memberikan persepsi yang seragam
v  Panca indra penerima yang baik

Jenis Komunikasi :
1.    Komunikasi Perorangan ( Interpersonal Communication ) :
Sering disebut komunikasi tatap muka secara langsung. Kelebihan dari komunikasi ini adalah komunikasi langsung sampai dan dimengerti karena apabila tidak dimengerti akan dapat langsung dinyatakan
2. Komunikasi Berkelompok ( Group Communication ) :
Komunikasi yang melibatkan lebih dari satu orang sekaligus. Kelebihan komunikasi ini adalah dapat menyampaikan pesan langsung terhadap banyak orang. Kekurangannya, pesan yang disampaikan dapat berbeda penerimaannya untuk tiap orang yang menyebabkan miscomunication.

Prin sip Dasar Komunikasi :
v  Apapun yang kita lakukan adalah komunikasi
v  Cara yang kita mulai memulai pembicaraan seringkali menentukan hasil komunikasi
v  Cara kita menyampaikan pesan selalu berpengaruh terhadap bagaimana pesan itu diterima & dipahami
v  Cara kita menyampaikan pesan selalu berpengaruh terhadap bagaimana pesan itu diterima & dipahami
v  Komunikasi yang sebenarnya adalah pesan yang diterima, bukan pesan yang disampaikan
v  Komunikasi merupakan jalan 2 arah, kita harus memberikan sebaik yang kita terima

Contoh Kasus Miskomunikasi :
1.  Prita Mulyasari
2.  Nur Arafah / Farah
3.  Ibnu, mahasiswa dari Bali (Mahasiswa yang akan diusir dari tempat tinggalnya)

Enam C dalam memberikan informasi yang baik :
1.  Clear
2.  Concise
3.  Complete
4.  Couteous
5.  Correct
6.  Concrete

TIPS & TRICk :
1.  Penelitian menyatakan 70% kesalahan di dunia pekerjaan adalah hasil dari komunikasi yang buruk
2.  Tunjukkan kalau anda punya empati
3.  Memperlakukan orang lain dengan gentle dan lembut. Jangan kasar dan membentak
4.  Membantu orang lain jangan demi “FULUS” tapi dengan “TULUS”
5.  Hilangkan hambatan komunikasi apapun resikonya
6.  Good leadership start with good communication

Comments (0)