PENTINGNYA MEMAHAMI MANAGEMENT UNTUK PROFESI DI BIDANG SISTEM INFORMASI
Nama   : Nur Alfi Syahri
Nim     11410100091
 
Dosen   : Bu  Tri Sagirani, S.Kom., M.MT. 


Pengertian sistem informasi :
adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.

Pengertian manajemen :
adalah suatu usaha merencanakan, mengorganisir, mengarahkan, mengkoordinir, dan mengawasi kegiatan dalam mengawasi kegiatan dalam suatu organisasi agar tujuan organisasi tercapai secara efektif & efisien.

Pengertian knowledge management dari perspektif proses/teknologi :
·       Knowledge management adalah sebuah konsep dimana informasi diubah menjadi pengetahuan dan tersedia dalam bentuk yang dapat digunakan bagi orang yang membutuhkan .
·       Knowledge Management System adalah penyimpanan virtual terhadap informasi relevan yang kritis untuk tugas-tugas harian pada organisasi .
·       Knowledge Management adalah pendekatan sistematis untuk mengelola penggunaan informasi untuk meyediakan aliran pengetahuan yang memungkinkan pengambilan keputusan yang efisien dan efektif .
·       Knowledge Management merupakan suatu paradigma pengelolaan informasi yang berasal dari pemikiran bahwa pengetahuan yang murni sebenarnya tertanam dalam benak dan pikiran setiap manusia . Maka dari itu perlu dibangun suatu mekanisme penyebaran informasi dan pengalaman dari sumber daya manuisa yang ada agar terjadi peningkatan pengetahuan dari masing-masing pelaku kegiatan di dalam suatu organisasi .

Penggunaan sistem informasi dalam manajemen menurut saya sangat berpengaruh terutama dalam pengambilan keputusan dan untuk mengatur segala kegiatan dalam profesi system informasi.

Sistem informasi di dalam organisasi dapat meliputi jangkauan yang makin luas hingga kepada masyarakat, instansi pemerintahan lainnya dan bahkan informasi mengenai perkembangan kabar-kabar terakhir.


Sistem informasi mengandung tiga aktivitas dasar di dalamnya, yaitu:
aktivitas masukan (input), pemrosesan (processing), dan keluaran
(output). Tiga aktivitas dasar ini menghasilkan informasi yang dibutuhkan
organisasi untuk pengambilan keputusan, pengendalian operasi, analisis
permasalahan, dan menciptakan produk atau jasa baru. Masukan
berperan di dalam pengumpulan bahan mentah (raw data), baik yang
diperoleh dari dalam maupun dari lingkungan sekitar organisasi.
Pemrosesan berperan untuk mengkonversi bahan mentah menjadi bentuk
yang lebih memiliki arti. Sedangkan, keluaran dimaksudkan untuk  mentransfer informasi yang diproses kepada pihak-pihak atau aktivitasaktivitas yang akan menggunakan. Sistem informasi juga membutuhkan
umpan balik (feedback), yaitu untuk dasar evaluasi dan perbaikan di
tahap input berikutnya,itu bagian – bagian dari manajemen juga.

Alasan mengapa system informasi memainkan peran yang sangat besar dan berpengaruh di dalam organisasi adalah semakin tingginya kemampuan teknologi komputer dan semakin murahnya biaya pemanfaatan teknologi komputer tersebut. Semakin baiknya kemampuan komputer telah menghasilkan jaringan komunikasi yang kuat yang dapat digunakan organisasi untuk melakukan akses informasi dengan cepat dari berbagai penjuru dunia serta untuk mengendalikan aktifitas yang tidak terbatas ruang dan waktu. Jaringan ini telah mentransformasikan ketajaman dan bentuk aktivitas organisasi, menciptakan fondasi untuk memasuki era global.

Dalam usaha memecahkan suatu masalah, pemecah masalah mungkin membutuhkan suatu pengambil keputusan. Untuk itu manajemen sebagai pengguna informasi membutuhkan suatu system pendukung yang mampu meningkatkan pengambilan keputusannya.

Dengan hanya mengandalkan system informasi manajemen tanpa bantuan system pendukungnya, sulit bagi manajemen untuk mengambil keputusan yang strategis. Hal ini disebabkan karna umumnya pengambilan keputusan yang strategis tersebut lebih bersifat kebijakan dengan dampak luas / pada situasi yang tidak terstruktur .

Comments (0)